Review: Little Frog Smoky Quartz

Woven Wrap Cantik nan Lembut!

Halo Semua! Saya mendapat kesempatan untuk mencoba travelling wrap yang dimenangkan Indonesian Babywearers Library dari Little Frog beberapa waktu lalu, dan wrap ini sedang travelling di komunitas Medan Babywearers. Berikut review dari saya.

Wrap: Little Frog Smoky Quartz

  • Ukuran: 6
  • Bahan: 100% katun
  • Gramasi: +/- 200gr/m2
  • BB/TB Penggendong: 50kg/164cm
  • BB/Usia Anak gendong: 10,5kg/21bln
Pertama kali mencoba wrap ini saat kopdar bersama beberapa anggota Medan Babywearers hari sabtu yang lalu. Wrap sudah dicuci dan disetrika oleh kawan saya, yang juga salah satu admin di grup Indonesian Babywearers, Ika Fairuza, jadi sudah terasa sangat lembut di tangan. Paduan warna vanila, coklat dan abu-abunya sungguh terlihat kalem (dan manis, suka inget eskrim coklat-vanila gitu jadinya 😅) tapi tetap menarik.
Saya mencoba teknik Double Hammock (DH) dengan menggunakan ring. Saya merasa wrap ini ringan dan tipis, makanya saya pikir perlu ikatan dengan double layer untuk menopang anak saya yang cukup berat dan sangat aktif. Wrap ini mudah diarahkan sehingga relatif lebih mudah untuk membuat lebih dari 1 layer, dan juga memudahkan saat menarik kain bagian per bagian saat mengencangkan gendongan dan mengikat simpul. Sayangnya, wrap ini sedikit agak licin, kurang daya genggamnya, mungkin karena belum sepenuhnya break-in, jadi perlu lebih merapihkan tiap pass dan mengikat dengan kuat.
IMG_0001.jpg
Saya merasa wrap ini tidak selebar wrap lain, setelah saya ukur hasilnya masih di rata-rata lebar wrap pada umumnya, mungkin karena ringan dan tipis itu tadi jadi menimbulkan kesan kalau wrap ini kecil. Rasanya wrap ini sangat cocok untuk menggendong bayi newborn, lembut, ringan tapi tetap kuat.
Hari berikutnya saya masih memakai wrap ini, karena SSC yang kami bawa kena ompol di malam minggu (anak sedang toilet training, tapi kalau lagi pakai wrap ini saya kenakan popok lagi, hanya untuk memastikan wrapnya nggak kena ompol), dan kesempatan untuk mencoba wrap ini lebih jauh. Saat akan pergi ibadah di hari Minggu siang anak kami sudah mulai mengantuk, jd saya gendong dia dalam Front Wrap Cross Carry (FWCC). Sampai di tempat ibadah dia minta mimik, saya susui dia di dalam gendongan (nursing in carrier) dan dia pun tertidur segera. Saat akan kembali ke tempat parkir hujan turun sangat deras, kami tidak membawa payung, jadi saya lepas ikatan FWCC di belakang dan memindahkan simpulnya ke depan menjadi FWCC TUB (tie under bum) dan sisa ekor kain saya pakai untuk menutupi anak kami. Setelah makan siang kami masih berjalan-jalan di mall, dan anak kami saya gendong di punggung dengan DH yang biasa tanpa ring. Apalah kami tanpa gendongan, hehe 🤓.
img_0002
Sesampainya di rumah, saya mengepang wrapnya agar lebih break-in. Keesokan harinya kepang saya lepas dan kembali mencoba FWCC dan DH karena sebelumnya kami tidak sempat foto. Kini wrap memang terasa sedikit lebih menggigit ketika membuat pass kedua dan mengikat simpul.

img_0003img_0004

Wrap ini mudah digunakan, kainnya yang terasa lembut di tangan, ringan tapi tetap kuat membuatnya gampang disukai terutama bagi mereka yang baru memulai belajar menggunakan wrap. Kombinasi warna dan motif bergaris pada wrap ini memudahkan penggunanya untuk mengenali bagian yang menjadi tepi atas (top rail) maupun tepi bawah (bottom rail) gendongan. Ketika anda akan membuat  gendongan dengan double layer, wrap ini mudah diajak bekerja sama, ia menyebar dan melipat dengan mudah. Pastikan anda mengencangkan ekor kain maupun pass bagian per bagian dengan baik dan merata sehingga tidak ada bagian yang longgar dan menyebabkan tekanan di satu titik (pressure point) tertentu. Wrap ini termasuk tipis, sehingga cocok digunakan di iklim tropis seperti disini, bahkan dengan dobel layer sekali pun. Dan pada akhir gendongan anda akan mendapatkan simpul mati (double knot) yang imut dan manis dari wrap yang ringan seperti ini.

Semoga review ini bermanfaat.

Selamat menggendong! 😊
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s