GENDONGAN TERBAIK UNTUK ANDA?

Gendongan adalah salah satu perlengkapan bayi yang mudah didapat, mulai dari pasar tradisional, toko perlengkapan bayi sampai penjual online. Tapi memilih gendongan yang tepat bisa jadi bukan pekerjaan yang mudah, apalagi dengan tersedianya berbagai macam model, ukuran bahkan motif dan warna gendongan terkadang membuat para orang tua/pengasuh merasa kebingungan.
Dalam memilih gendongan ada baiknya anda mempertimbangkan hal-hal berikut:
  • Berapa lama anda berencana menggendong anak? Apakah anda akan menggunakan gendongan untuk beberapa bulan pertama atau anda lebih suka gendongan yang dapat digunakan hingga satu tahun pertama bahkan lebih?
  • Siapa saja yang akan menggunakan gendongan tersebut? Apakah gendongan hanya akan digunakan oleh satu orang atau anda mencari gendongan yang dapat digunakan bergantian dengan penggendong lain (ibu, ayah, nenek, dsb) dengan sedikit penyesuaian/setelan? Beberapa gendongan dibuat dengan ukuran yang spesifik dan tidak dapat digunakan bergantian dengan penggendong lain yang berbeda ukuran, sedangkan jenis gendongan lain bisa muat dalam berbagai ukuran.
  • Apakah anda hanya akan membeli satu gendongan selama masa menggendong? Atau apakah anda akan menggunakan gendongan lain untuk situasi dan usia anak yang berbeda?
  • Berapa banyak dana yang anda siapkan? Kisaran harga gendongan sangat lebar, untuk gendongan impor dengan standar keamanan yang telah lulus uji dan bergaransi dibanderol dengan harga mulai 1 juta sampai dengan 3 juta rupiah, sedangkan gendongan lokal yang berkualitas dan juga bergaransi berkisar Rp. 200.00 s/d Rp. 650.000. Jarik adalah gendongan yang paling umum ditemui dengan kisaran harga puluhan ribu rupiah, sangat ekonomis.
thumbnail-tutorial-jarik-simpul-jangkar
Jarik dengan simpul jangkar
jarik-ring-sling-thumb
Ring sling dengan jarik
Gendongan ergonomis yang mendukung perkembangan fisik seperti tulang punggung dan sendi pinggul (hip joint) anak adalah poin penting dalam memilih gendongan. Gendongan ergonomis umumnya dibagi dalam lima tipe:
  1. Wraps. Gendongan ini berupa kain panjang dengan berbagai macam ukuran dan bahan, umumnya dikenal dua jenis wrap: Stretchy Wrap (SW), yang terbuat dari bahan katun dan campuran spandex, kainnya bersifat elastis. Cocok untuk bayi baru lahir, namun karena sifatnya yang elastis maka tidak disarankan menggendong belakang menggunakan gendongan jenis ini. Berikutnya adalah Woven Wrap (WW), kain tenun khusus untuk menggendong yang hadir dalam berbagai macam ukuran dan variasi jenis bahan seperti katun, linen, wool bahkan sutera. Gendongan ini dapat digunakan untuk menggendong bayi sejak baru lahir sampai anak besar dalam berbagai teknik baik gendong depan, samping maupun belakang. Belajar menggunakan gendongan ini tampak menyulitkan di awal, namun dapat dikuasai dengan banyak berlatih. Jenis gendongan ini sangat fleksibel dan nyaman serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggendong maupun anak yang digendong. Jarik termasuk dalam jenis wrap berukuran pendek.
  2. Ring Sling. Ini adalah adaptasi modern dari jarik/selendang gendong, ditemukan oleh seorang physiotherapist dari Hawaii yang bernama Rayner Garner pada tahun 1980. Sepasang ring dijahit pada salah satu ujung kain sepanjang 2 meter dan ujung lainnya diselipkan melalui kedua ring agar dapat disesuaikan dengan tubuh penggendong. Berat anak akan mengunci kain pada kedua ring. Bahan kainnya pun sangat bervariasi seperti wraps. Sisa ekor kain dapat digunakan untuk menopang leher bayi, melindungi dari panas matahari atau selimut hangat. Gendongan ini cocok untuk menggendong bayi dan anak-anak saat mereka perlu naik-turun gendongan.

    ring-sling-thumbnail
    Ring Sling
  3. Pouch Sling. Gendongan berupa kain yang dijahit melingkar dan digunakan pada salah satu pundak penggendongnya, mirip ring sling hanya saja tidak dapat diseusaikan besar-kecilnya ukuran. Gendongan ini sangat simpel, ringkas, mudah digunakan dan ekonomis, namun sulit untuk dipakai bergantian dengan penggendong yang lain karena harus benar-benar memakai ukuran yang sesuai agar dapat digunakan dengan aman dan nyaman.
  4. Meh Dai. Ini adalah adaptasi modern dari gendongan tradisional rakyat Tiongkok. Gendongan ini memiliki panel dari kain dengan dua kain pengikat yang diikatkan di pinggang dan dua kain pengikat lain yang diikatkan melewati pundak. Meh Dai modern dilengkapi dengan busa di pundak untuk memberikan kenyamanan bagi penggendong dan seringkali dibuat dengan motif kain yang menarik. Karena digunakan dengan cara diikat agar pas pada tubuh penggendong maka gendongan ini sangat mudah untuk dipakai bergantian oleh beberapa penggendong. Dapat digunakan untuk gendongan depan, samping maupun belakang dan cocok untuk bayi yang lebih besar sampai anak-anak maupun bayi baru lahir. Ada beberapa gendongan lain yang diadaptasi dari gendongan Asia seperti onbuhimo dari Jepang, podaegi dari Korea.
  5. Soft Structured Carrier (SSC). Gendongan ini menawarkan kenyamanan dan kemudahan bagi banyak penggendong. Pada umumnya dilengkapi ban pinggang yang berbusa tebal begitu juga pada tali di pundak yang nyaman, pas secara ergonomis dan dapat digunakan menggendong depan, belakang dan terkadang samping. Tali pengikatnya (baik di pinggsng dan pundak) dapat disetel sehingga sesuai dengan kenyamanan penggunanya, dan seringkali dilengkapi dengan penutup kepala bayi, kantung, body panel yang dapat disesuaikan, dll. Beberapa model SSC memerlukan infant insert (penopang tambahan untuk bayi) dibawah berat dan ukuran tertentu, dan gendongan yang berkualitas baik dapat digunakan sampai anak-anak bertambah besar. Ada berbagai macam pilihan gaya, ukuran dan harga SSC yang menjadikan gendongan ini populer.
Dengan mempertimbangkan berbagai hal di atas, berikut adalah tip dan saran saat anda akan membeli gendongan:
  • Carilah gendongan yang sesuai dengan kebutuhan anak. Usia anak memengaruhi kebutuhan gendongannya, bayi baru lahir membutuhkan gendongan yang lembut dan nyaman, sedangkan anak yang lebih besar dan aktif butuh gendongan yang dapat menopang tubuh dan gerakan mereka. Berat badan anak pun dapat memengaruhi pilihan gendongannya, bayi baru lahir tidak akan membuat pundak anda bekerja keras, namun anak yang lebih besar perlu persebaran beban yang merata agar pundak anda tidak bekerja terlalu keras.
  • Gendongan yang nyaman digunakan di segala cuaca tentu akan membuat anak anda betah berada di dalam gendongan. Bahan seperti mesh atau katun yang nyaman sering menjadi pilihan. Warna gelap juga akan menyerap panas.
  • Berbagai jenis gendongan dapat memudahkan anda menyusui anak anda secara langsun. Dengan berlatih dan menguasai cara pakai gendongan anda maka anda akan dapat segera merespon anak anda saat ingin disusui.
  • Sisa makanan, susu atau kotoran lain sering kali tak terhindarkan saat menggendong bayi dan anak-anak, karena itu gendongan yang dapat dicuci atau dibersihkan dengan mudah menjadi nilai tambah saat memilih gendongan.
  • Cobalah beberapa jenis gendongan sebelum anda membelinya, manfaatkan pustaka gendongan (library) yang dimiliki komunitas gendongan di kota anda. Gendongan harus memberikan rasa nyaman bagi penggendong dan anak yang digendong.
  • Jangan membeli gendongan palsu! Dengan semakin populernya berbagai jenis gendongan modern sekarang ini, maka banyak pula oknum yang memalsukan beberapa merk gendongan terutama SSC. Oknum pemalsu gendongan ini umumnya membuat gendongan dengan kualitas bahan rendah, tidak ada quality control, tidak pernah lulus uji apalagi memberikan garansi produknya. Sedangkan produsen gendongan original memproduksi gendongan dengan bahan yang aman dan berkualitas serta telah lulus uji dan quality control yang ketat, bahkan memberi garansi pada produknya, sehingga pelanggan bisa meminta perbaikan gendongan jika terjadi kerusakan, karena ini sangat berkaitan erat dengan keamanan produknya, tentunya kita tidak ingin ada anak yang terjatuh dari gendongannya. Ada pilihan yang lebih murah dan aman daripada menggunakan produk palsu.
Menggendong anak adalah aktifitas yang dinamis, dengan tersedianya berbagai pilihan gendongan yang luas maka selalu ada solusi untuk setiap kebutuhan dalam menggendong. Temukan gendongan yang terbaik bagi anda dan si kecil, dan jangan ragu untuk terus belajar.
Selamat menggendong!
Disadur dari berbagai sumber.
Advertisements

2 comments

  1. Ohh finally i found great articel about baby carrier.!
    Trimakasih pencerahannyaaa 😄
    Sementara masih lumayan nyaman di hipseat, tapi setelah searching lagi (padahal dulu udah coba searching babycarrier yg aman) klo hipseat gak dukung tulangbelakang anak dengan baik ya??
    Masih bingung cari SSC yg low-cost 😅
    Klo merk dialog*e kurang sreg di tali dan kunciannya..
    Any suggest?
    Thankyou. Thankyou and Thankyou ☺️

    Like

    • Hai! Glad you like it 🙂
      Hipseat lebih nyaman digunakan bagi bayi yang sudah bisa duduk. Sudah banyak produsen lokal yang membuat gendongan tipe SSC dengan kualitas baik dan harga yang ekonomis. Beberapa di antaranya ada Nana Babycarrier dan Cuddle Me Lite di kelas low cost, di kelas middle cost ada Gendongan Andrea dan Bobita, sedangkan di atasnya lagi ada Zakkel Babycarrier.
      Sekarang juga sudah banyak berdiri komunitas gendongan lokal, dengan bergabung disana kita bisa mencoba berbagai macam gendongan saat kopdar sblm memutuskan utk membeli, baik pinjam-meminjam milik sesama member atau mencoba koleksi library komunitas tsb.
      Selamat menggendong!

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s