Review: Bebe Sachi Rebung Twin Series Erinite

Tenun Tangan Istimewa

Wrap: Bebe Sachi, Twin Series Rebung, Erinite
Ukuran: 5
Bahan: 100% katun
Gramasi: +/- 244gr/m2

BB/TB Penggendong: 50kg/164cm

BB/Usia Anak gendong: 10,5kg/23bln
Saya diberi kesempatan untuk mencoba wrap istimewa yang satu ini, karena wrap ini merupakan handwoven, alias ditenun dengan tangan oleh pengrajinnya langsung. Umumnya handwoven diproduksi dalam jumlah terbatas, hal ini menyebabkan harga jualnya tinggi. Selain itu handwoven dari pengrajin yang baik akan menghasilkan kualitas tenun yang baik pula, seperti wrap yang satu ini, saya sudah merasakannya langsung.
Pertama kali menyentuh wrap ini saya cukup kaget dengan ketebalannya, padahal dalam keterangan yg saya dapat berat wrap ini termasuk sedang. Saat dilipat, tinggi lipatannya setara dengan wrap saya yang lain dengan ukuran yang lebih panjang dan berat yang tidak jauh berbeda. Meski pun terasa cukup tebal, namun tenunan wrap ini tidaklah serapat yang saya kira, bahkan saat ditarik secara diagonal wrap akan meregang cukup lebar. Wrap ini juga terasa lembut dan adem, sangat nyaman. Kesan yang timbul adalah wrap ini terasa seperti selimut tebal yang nyaman.
IMG_0052IMG_0051
Saya tidak dapat segera menggunakannya karena kami sedang dalam perjalanan dari Jogja menuju Pangkalan Susu, dan setibanya di rumah, baik saya dan anak merasa kurang sehat maka kami menunda untuk mencoba wrap yang satu ini. Tiba saat kami mencoba wrap ini saya mengikat Short Wrap Cross Carry (SWCC) dengan satu ring (sayang, tidak sempat difoto). Biasanya saya memilih ring medium untuk digunakan pada ikatan jenis ini di wrap yang lain, tapi kali ini saya memilih ring besar mengingat ketebalannya. Dan benar saja, ring-nya penuh oleh wrap! Saya suka ikatan ini karena bisa diikat sebelum anak masuk dalam gendongan dan tidak perlu banyak penyesuaian atau merapihkan ikatan, sehingga sangat cocok untuk pemakaian singkat dan anak yang suka naik-turun gendongan. Ikatan SWCC menggunakan wrap ini terasa sangat mantap, anak tertopang dengan sangat baik meskipun ia bergerak aktif selama saya berjalan cepat dalam gendongan ini.
Mengikat gendongan terasa mudah karena wrap ini sangat mudah diarahkan, dan jatuh tepat dimana kita mengarahkannya. Wrap ini cukup grippy, punya kekuatan genggam yang cukup erat sehingga perlu usaha sedikit keras untuk mengencangkan bagian demi bagian pada bagian double layer (2 tumpukan kain) seperti saat saya menggendong dengan Front Wrap Cross Carry (FWCC) maupun Double Hammock (DH), juga ketika akan membuat simpul. Sekali terikat simpul akan tetap di tempatnya, sangat kuat. Sayangnya, saya tidak sempat mencoba slipknot alias simpul jangkar.
Wrap ini juga sangat suportif. Saya menggendong anak selama lebih dari 2 jam dalam DH tanpa perlu mengencangkan lagi ikatannya, gendongan pun tetap di posisi awal saya memasangnya, tidak melorot sama sekali. Dan dengan ketebalan seperti ini, pundak jadi terasa nyaman walau pun harus menopang berat anak saya.
Desain wrap ini pun menarik, kedua sisi-nya diberi aksen garis tebal dengan warna yang berbeda, ini akan sangat membantu terutama bagi anda yang baru mulai belajar wrapping. Garis tebal tadi dapat menjadi penanda mana kain sebagai tepi atas (top rail) atau tepi bawah (bottom rail). Permukaan wrap ini juga terasa halus tanpa tekstur yang begitu menonjol. Menggunakan wrap ini terasa seperti dipeluk, kainnya yang dapat meregang membuatnya melekat di badan penggunanya dengan baik.
IMG_0049
Sifatnya yang halus dan lembut sangat cocok untuk digunakan menggendong newborn, dan sangat suportif untuk menopang beban berat namun tetap terasa nyaman di pundak pun membuatnya cocok untuk menggendong toddler. Dan bila anda baru memulai wrapping, banyak-banyaklah berlatih dengan wrap ini, karena setelah terbiasa dengan semua karakternya, wrap ini akan melayani apapun kebutuhan gendongan penggunanya.
Terimakasih kepada teman-teman Indonesian Babywearers atas kesempatan mencoba wrap istimewa ini. Wrap ini menjadi koleksi pustaka di library Indonesian Babywearers. Semoga review ini bermanfaat.
Selamat menggendong!
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s